Hal terindah dalam hidup ini adalah ketika kita melakukan sesuatu yang memang menjadi passion atau minat kita. Itulah jawaban sederhana dari sosok pemuda asal Bandung bernama Ali Bagus Antra ketika ditanya mengapa ia memilih menerjunkan diri kedalam dunia wirausaha. Dan menurutnya, passion bisa datang dan kita kenali kapan saja. Tetapi yang paling penting adalah saat menemukan passion, jangan sampai kita mengabaikan apalagi melupakannya. Ali sendiri mengaku menemukan passion-nya dalam dunia wirausaha justru saat ia telah menyelesaikan kuliahnya. Terlambat ? Bisa tidak, bisa juga iya. Dibilang terlambat karena semakin cepat kita menemukan passion akan semakin baik. Dibilang tidak, karena passion itu datangnya tidak bisa direncanakan, dan lebih dari itu passion juga berarti proses “pengenalan diri sendiri”. Mengenali apa yang sebenarnya kita inginkan dan apa yang sebenarnya tidak kita inginkan.

Ali Bagus Antra memutuskan mengikuti kata hatinya menjalani kehidupan sesuai passionnya, yakni ber wirausaha. Tentu tidak mudah, sebagai seorang lulusan perguruan tinggi terkemuka dunia (bukan hanya Indonesia) keputusannya tersebut menuai banyak kontroversi bahkan cibiran dan cemoohan. Bayangkan saja, dengan ijazah yang dia pegang tidak sulit baginya mendapatkan pekerjaan dengan posisi dan gaji yang cukup lumayan. Tetapi Ali justru memilih berjualan bebek goreng di pinggir jalan dengan sebuah gerobak sederhana, Ali memilih menikmati hidup ini sesuai passion atau minatnya. Kini kerja kerasnya terbayar sudah, usaha “bebek garang” nya semakin menggarang dengan sekitar 5 oulet yang telah dibuka. Per harinya tak kurang dari 300 ekor bebek dibutuhkan untuk mensuplai seluruh jaringan outletnya. Dengan omset mencapai belasan juta rupiah per hari Ali menjawab dan membuktikan bahwa pilihan mengikuti kata hatinya tidaklah salah.

Baca Juga :  Jasa Penulis Artikel Adsense ( Solusi Ngomset Tanpa Ribet)

Sosok Ali Bagus Antra adalah contoh ideal tentang bagaimana wujud bekerja dengan hati (sesuai passion), bekerja keras dan tekun serta cerdas. Perjalanan usaha yang dibangunnya menggambarkan betapa ke-tiga hal diatas (bekerja dengan hati, bekerja keras dan bekerja cerdas) benar-benar ada dalam diri pribadi Ali Bagus Antra. Usaha kuliner bebek yang dimulai bersama 3 orang kawannya tidak langsung berjalan mulus, hampir 1.5 tahun perjalanan usaha mereka mengalami kerugian. Kondisi tersebut membuat 2 orang patrnernya mengundurkan diri. Menyerah ? Tidak, passion dan impiannya memberikan energy bagi Ali untuk tetap bertahan menjalankan dan mengembangkan usahanya. Inilah pentingnya kita ber wirausaha di bidang yang kita memiliki passion di dalamnya. Mengerjakan sesuatu yang kita cintai tidak akan membuat kita jenuh apalagi bosan dan tentu saja juga memberikan energy luar biasa besar dalam menghadapi setiap rintangan yang muncul.

Pelajaran berharga dari perjalanan usaha “bebek garang”

Gambaran bekerja keras dan tekun tampak saat di awal-awal usahanya Ali tidak ragu untuk memulai usaha dari apa yang ia mampu dan miliki. Harus berjualan di pinggir jalan menggunakan sebuah gerobak tidak membuat dirinya menyerah. Semuanya dilakukannya dengan penuh ketekunan sampai usaha bebek garangnya terus berkembang hingga memiliki armada kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4. Bahkan kini Ali pun masih sering terjun langsung dalam usahanya untuk menjaga kualitas produknya. Setelah usaha kuliner “bebek garang”nya berkembang, Ali mulai memikirkan sebuah system yang bisa tetap bekerja tanpa haris tergantung pada satu atau dua orang. Ali mulai membuat standar resep bagi produknya sehingga usahanya tidak tergantung pada satu atau dua orang koki atau juru masak. Dalam bidang pemasaran-pun Ali mulai menerapkan system waralaba untuk pengembangan bisnis kulinernya. Apa yang dilakukannya adalah gambaran bagaimana bekerja secara cerdas. Dan jika ditanya apa yang menjadi kunci suksesnya, Ali Bagus Antra yang juga peraih beberapa penghargaan diantaranya :

  • Shell Start Up Award’ untuk kategori wirausaha muda pada Juli 2010.
  • Penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM pada Januari 2011.
  • Finalis ‘Wirausaha Muda Mandiri’ pada Maret 2011.
Baca Juga :  Aquascape ada disini. Semua informasi tentang aquascape dan bisnisnya ada disini

Akan menjawab :

  • Bekerja dengan hati (sesuai passion atau minat).
  • Bekerja keras dan tekun, tidak mudah menyerah.
  • Bekerja cerdas, terus melakukan inovasi dan terus berkreatifitas.

Itulah kisah wirausaha dari sosok pemuda bernama Ali Bagus Antra Suantara. Semoga kita bisa memetik pelajaran berharga yang dapat kita terapkan dalam perjalanan usaha kita.

Categories: BISNIS

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *