Tips Merawat Mesin Cutting sticker

Tips Merawat Mesin Cutting sticker

Cara merawat Mesin secara tepat sangat berdampak pada usia mesin serta keawetan mesin. Mesin cutting sticker meski mahal dan bagus tidak bias bertahan lama jika tidak dirawat secara baik. Mesin cutting plotter murah pun akan bisa menjadi amunisi yang bisa diandalkan dan memiliki performa baik jika dirawat secara tepat.

Trus, bagaimana cara merawat mesin dengan baik ?

PERHATIKAN HAL2 BERIKUT INI:

1. Melakukan Cleaning mesin dengan rutin

Pembersihan mesin secara rutin akan menjadi hal yang penting. Terutama jika Anda memakai mesin cutting sticker murah made in china. Mesin-mesin tersebut biasanya bersifat sensitif dan bisa cepat rusak jika dibiarkan dalam kondisi kotor. Maka, Anda harus secara rutin membersihkannya dengan memakai kain secara rutin. Jangan lupa melakukan penyemprotan pada bagian motor menggunakan spray silicon.

2 Gunakan UPS dan stabilisator listrik

Langkah pencegahan menjadi hal yang harus diperhatikan untuk melindungi mesin cutting sticker. Pemakaian listrik yang kurang stabil menjadi ancaman yang cukup serius bagi mesin. So, Anda dapat mempertimbangkan memakai stabilitor listrik (Automatic Voltage Regulator) atau disebut stavol.

Pikirkan untuk memakai UPS (Uninterruptible Power Supply) yang mampu melindungi mesin sewaktu ada pemadaman listrik secara tiba-tiba. Alat ini berfungsi supaya mesin tidak langsung off saat ada pemadaman. Anda berkesempatan untuk mematikannya secara normal.

3. Lakukan pengaturan mesin pada performa normal

Saat mengoperasikan mesin, Anda juga jangan terlalu memaksakan kinerja mesin. Misalnya, mengatur pada tekanan maksimal. Kalau hal ini dilakukan secara terus menerus, bisa membuat mesin cepat rusak.

Pengaturan tekanan yang normal berada pada kisaran antara 60 hingga 100 gf. Pengaturan tekanan ini juga harus bersesuaian dengan ketebalan media yang dipakai. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhatikan buku panduan dari mesin yang dipakai.

4. Jangan terlalu memaksakan mesin untuk terus bekerja

Mesin memang bukan seperti manusia yang bisa lelah. Namun, bukan berarti mesin bisa dipakai sepanjang waktu. Anda tetap harus mempertimbangkan waktu istirahat yang rutin untuk mesin tersebut.

Selain itu, menggunakan mesin dalam kondisi ruangan yang panas juga berpengaruh. Pertimbangkan untuk menempatkan mesin di ruangan ber-AC. Selain bisa membuat suhu mesin tidak terlalu panas, hal ini juga memberikan kenyamanan lebih untuk operator mesin.

 

PERBEDAAN MESIN CUTTING JINKA XL LED DENGAN JINKA TERDAHULU
MENGENAL KELEBIHAN DAN FITUR CAMEO 3
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>