Peran Percetakan Dalam Kehidupan Manusia

Peran Percetakan  Dalam Kehidupan Manusia

Kehadiran Percetakan lahir sudah sejak lama ketika manusia mulai mengenal bentuk tulisan atau huruf.Saya sendiri kurang paham bahkan tidak tahu sama sekali kapan tepatnya Dunia Percetakan ada didunia ini.Kalau merunut sejarah lahirnya percetakan mungkin sejarah percetakan akan lama dan panjang diceritakan.Kita tidak akan menceritakan sejarah panjang lahirnya percetakan tapi Kita akan menceritakan seluk beluk dan bagaimana dunia percetakan begitu besarnya terhadap pengaruh kehidupan manusia terutama dalam perannya di dunia promosi.

Dulu sebelum era percetakan digital muncul,dunia percetakan masih didominasi oleh skill atau kemampuan sdm untuk menjalankannya.Semisal contoh ; Sablon

Sablon saat itu sangat dominan dan memegang peranan yang sungguh luar biasa dalam dunia Grafika/Percetakan.Peminat Sablon juga membludak dan disini sangat terlihat keahlian seorang Sabloner yang begitu dibutuhkan masyarakat.Untuk membuat kartu nama,kop surat,flyer,undangan betapa besar peran Sablon dalam dunia grafika saat itu.Tanpa ada keahlian menyablon,Kita jangan berharap bias melakukan semua itu.

Keahlian menulis juga sangat besar perannya bagi kehipan Kita saat itu.Coba Kita bayangkan,tanpa seorang penulis yang mumpuni pada pedagan kaki 5 tidak bias berjualan karena tidak ada yang bias membuat spanduk jalanan untuk promosi usaha mereka.Papan Nama,Neon Box,Lukisan Bioskop saat itu masih dipegang oleh para penulis dan pelukis yang memiliki keahlian dibidangnya masing2.

Stempel yang saat itu juga masih menggunakan tangan untuk mengukir juga memiliki peranan penting dalam pembuatannya.Tanpa keahlian mengukir, jangan berharap Kita bias membuat stempel.Hanya orang2 tertentu yang mampu membuat stempel.

Ya istilahnya dunia percetakan saat itu masih serba ‘Hand Made’ alias mengandalkan buatan tangan sebagai ujung tombaknya.Dan tidak semua orang mampu membuatnya kecuali orang2 yang memiliki skill/keahlian khusus.

Perkembangan Dunia Percetakan

Pada tahun awal 2000, era percetakan mulai bergeser,Mereka yang masih mengandalkan percetakan manual mulai tergerus,pelan-pelan gulung tikar.Memang tidak seluruhnya,mungkin beberapa percetakan yang masih mengandalkan Mesin Offset masih mampu bertahan.Demkian juga Sablon Manual masih ada yang konsisten mempertahankan Era ini terutama untuk Sablon Kaos Manual yang masih memiliki cirri khas pada konsep sablonnya.

Di  Era ini,peranan Percetakan Digital mengambil alih.Mesin-mesin Digital mulai menggeser peran konsep manual.Konsep ‘Digital Instant’ mulai dilirik orang karena untuk menjalankannya tanpa harus memiliki skill khusus, yang penting ada uang semua bias jalan, ya istilahnya ‘Money Talk’ uang yang bicara. Hehhehe.

 

 

Mesin cutting sticker,mesin press kaos,mesin press mug,printer DTG,mesin printing,mesin laser,dll sudah mulai punya peran masing2 untuk bersinergi menghancurkan konsep manual.Saya tidak usah menjelaskan kemampuan masing2 peralatan tersebut tapi Kita bias melihat sendiri kemampuan dan kehandalan mereka di Era sekarang.

Sekarang tinggal Kita saja, mau mengikuti Era Percetakan Digital atau bertahan di konsep Percetakan Manual itu tergantung pilihan masing-masing.Kita bias bertahan di konsep percetakan manual sementara tidak ingin tergerus dengan percetakan digital yang secara tidak langsung kita juga harus mengikuti perkembangan …… Semua terserah Anda.

Panduan Cara Bikin ID Card Mudah
Tips Memulai Usaha Bisnis Kaos Distro
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>