Panduan Membeli Mesin Cutting sticker 

Bisnis percetakan tidak lepas dari keberadaan mesin cutting sticker. Mesin ini memiliki fungsi sebagai pemotong stiker sesuai dengan vektor yang telah dibuat. Jenis vektor yang pun beragam. Tidak hanya tulisan, bias juga berupa gambar. Dengan memakai mesin ini, hasil potongan pola lebih terlihat rapi.

Mesin cutting stiker ini bisa dikatakan hardware tool, perangkat yang dikontrol dengan komputer. Cara kerjanya mirip sebuah printer. Namun, alat ini tidak memakai tinta. Sebagai gantinya, proses pencetakan pola dilakukan memakai Blade Holder/mata pisau.

jinka pro

Blade Holder Mata pisau yang terlatak di mesin cutting plotter dapat bergerak pada dua arah, horizontal dan vertikal. Next, mata pisau ini akan melakukan pekerjaan sesuai dengan vector/logo/gambar yang telah dibuat. Pola vektor tersebut bisa dibuat dengan beragam aplikasi desain di komputer. Umumnya memakai Adobe Illustrator atau CorelDraw.

Di pasaran, Anda pun akan mendapati beberapa nama yang kerap digunakan oleh masyarakat umum untuk menyebut mesin ini. Di antaranya adalah vinyl cuttervinylplotter, serta mesin cutting plotter.

Kegunaan Mesin Cutting sticker

Mesin cutting sticker memiliki kegunaan penting dalam bisnis percetakan. Mesin Cutting Plotter digunakan dalam berbagai jenis bisnis percetakan. Mulai dari bisnis sablon kaos, stiker mobil dan sepeda motor, garskin ponsel, dll.

Mesin cutting sticker biasa dipakai memotong vektor di berbagai media. Kita bisa memfungsikan alat ini sebagai pemotong pola pada kertas vinyl, stiker, polyflex, bahkan bisa pula dipakai untuk pada media kain.

Alat Penting pada Mesin Cutting sticker

Terkait mesin cutting sticker, Sebaiknya KIta mengenal komponen penting pada perangkat ini. Berikut di antaranya:

1. Blade / Mata Pisau

Jarum Cutting Sticker Roland, Jinka, Teneth, Redsail

Mata pisau bisanya mempunyai size mulai dari 300hingga 600. Semakin besar sudut yang dimiliki, maka semakin tajam pisau tersebut. Setiap ukuran pisau ini memiliki keunggulan tersendiri.

Pisau 300 berfungsi untuk memotong bahan stiker  tipis. Disamping itu, pisau jenis ini juga bisa dipakai memotong pola dengan font / huruf dengan pola yang memiliki ukuran besar. Fungsi lainnya pisau ini, mesin bisa bekerja lebih cepat.

Blade Pisau 450 merupakan jenis pisau standar yang biasa terpasang pada sebuah mesin cutting sticker. Pisau ini memiliki fungsi cukup awet dan tidak mudah tumpul.

Sementara itu, pisau 600 mempunyai tingkat ketajaman paling tinggi. Pisau ini sangat berguna saat dipakai memotong pola dengan font berukuran kecil yang butuh akurasi tinggi. Selain itu, ketajaman pisau ini juga berguna saat menggunakan kertas stiker yang berukuran tebal.

Tapi, pisau 600 cenderung lebih cepat tumpul dibandingkan jenis pisau lain. Kelemahan lainnya, pisau ini juga memiliki kecepatan yang lebih rendah. Apalagi kalau dibandingkan dengan pisau 300.

2. Blade holder / Cutter holder atau holder pisau

holder jinka

Blade holder / Cutter holder salah satu bagian yang berguna sebagai rumah pisau. Di sinilah Anda menempatkan pisau yang berguna sebagai pemotong pola. Alat ini memiliki fungsi buat memastikan pisau dalam posisi 900. Supaya mesin dapat bekerja secara normal, alat ini harus bisa mencengkeram pisau erat-erat.

Sama dengan pisau, cutter holder juga bagian dari mesin pemotong stiker yang harus replace/diganti secara berkala.

Ada dua cara mengetahui kalau cutter holder yang sudah tidak berfungsi dengan baik, yakni:

  • Mesin tidak mampu memotong sudut secara sempurna.
  • Mesin tidak mampu memotong pola lingkaran dengan tepat. Akan ada dua ujung yang terpisah.

Terus bagaimana mengetahui jika sebuah holder pisau sudah rusak? Solusinya sangat mudah. Anda tinggal replace dengan cutter holder baru. Biasanya, cutter holder mempunyai ketahanan antara satu hingga satu setengah tahun. Hal ini juga bergantung dengan tingkat pemakaian.

Ada beberapa merek cutter holder yang dapat ditemui di pasaran. Roland bias menjadi satu perusahaan yang menawarkan produk cutter holder. Ada dua jenis cutter holder dari Roland, yakni dari bahan keramik dan logam. Dari segi ketahanan, holder pisau dari logam lebih awet dibandingkan keramik.

3. Motor

Motor sebagai mesin pemotong stiker yang tidak kalah pentingnya adalah motor. Terdapat dua jenis motor yang biasa dijumpai pada alat pemotong stiker, yakni motor servo dan motor stepper. Kedua jenis motor tersebut punya keunggulannya masing-masing.

Motor stepper merupakan jenis motor mekanik yang bekerja dengan setiap langkah kecil menggunakan gir fisik. Keuntungan utama dari mesin pemotong stiker yang memakai motor jenis ini adalah harganya murah. Hanya saja, motor ini cenderung memiliki tingkat presisi yang buruk dan bersuara nyaring.

Mesin pemotong stiker jenis ini menjadi alat yang cukup berguna ketika Anda memiliki modal terbatas. Selain itu, mesin ini juga bekerja cukup baik ketika hanya digunakan untuk memotong stiker dengan gambar atau pola berukuran besar. Namun, lain halnya kalau perangkat ini dipakai untuk memotong pola yang berukuran lebih kecil dari 1,5 cm.

Sementara itu, motor servo memiliki teknologi yang lebih canggih dibandingkan motor stepper. Berbeda dengan motor stepper yang memakai gir fisik, motor servo bekerja secara digital. Pergerakan motor servo pun lebih mulus jika dibandingkan dengan motor stepper.

Setidaknya, terdapat tiga keuntungan yang bisa diperoleh ketika memakai mesin cuttingvinyl dengan motor servo. Tidak heran kalau mesin yang dilengkapi dengan motor servo memiliki banderol lebih mahal dibandingkan motor stepper.

Keuntungan pertama yang bisa diperoleh dari mesin dengan motor servo adalah perangkat yang tidak berisik. Dengan begitu, mesin dengan motor servo akan memberikan tingkat kenyamanan lebih tinggi dibandingkan motor stepper. Selanjutnya, motor ini juga membuat mesin pemotong stiker punya tingkat presisi lebih tinggi. Berguna ketika dipakai saat memotong gambar atau tulisan berukuran kecil.

Tidak kalah pentingnya adalah, motor servo memiliki kemampuan tracking yang bagus. Hal ini dapat dilihat pada saat mesin digunakan untuk memotong garis lurus pada sebuah material. Pisau yang dikontrol secara digital umumnya punya daya tracking 10 kali lebih tinggi dibandingkan pisau yang digerakkan oleh motor stepper.

 

 

Mengenal Mesin Cutting Sticker
7 smartphone Terlaris Dipasaran terbaru Agustus 2017
FacebookTwitterGoogle+Share