Mengenal Lem Akrilyc

lem akrilyc polyacrylLem akrilik adalah bahan pengikat yang terbuat dari polimerisasi asam akrilik. Variasi komposisi kimia menghasilkan jenis perekat / lem akrilik untuk tujuan yang berbeda-beda. Aneka/varian susunan bahan kimia tersebut dimaksudkan untuk menyeimbangkan karakteristik kinerja geser , kupas , dan tackting. Perbedaan lainnya termasuk, suhu, viskositas/ kekentalan formula , pengaturan waktu curing ( matang dan merekat sempurna) diperlukan untuk mendekati keinginan pemakainya.

Perekat / lem akrilik dijual dalam bentuk cair, pasta , dan emulsi. Sifat kimia dapat dirancang untuk instalasi permanen/ struktural atau untuk dimungkinkan instalasi yang tidak permanen dengan cara mengaplikasikan suatu bahan untuk memecahkan ikatan kimia tersebut .

Desain kimia lem akrilik ditujukan untuk mendapatkan keseimbangan antara kohesi internal atau geser , serta tacky. Kekuatan kupas/ peel atau ikatan adhesi adalah ukuran dari ikatan antara perekat dan bahan itu mengikat . Adhesi biasanya meningkat selama jangka waktu tertentu setelah aplikasi sementara (curing) perekat. Tacky adalah kecepatan perekat segera merekatkan ke bahan lain .

Lem Akrilic  POLYACRYL adalah lem solvent/ lem pelarut berkarakter sangat cair, bening, dengan kecepatan tacky/ menggabungkan dua acrylic dengan singkat, setelah curing ( dalam hitungan menit) merekat sangat sempurna dan kuat. Variasi komposisi bahan kimia yang sempurna menjadikan Lem Akrilic  POLYACRYL mampu meminimalisir kabut putih yang terkadang timbul akibat kondisi iklim di Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban tinggi.

Sejak penemuan plastik, acrylic adalah salah satu material plastik yang banyak digunakan disekitar kita, baik untuk media advertising, lab, interior, dan lain-lain. Secara tradisional, acrylic biasanya disambung menggunakan kimia chloroform (biasa dipakai untuk pembiusan di kedokteran). Chloroform saat ini sukar didapat karena penjualannya terbatas, dan juga harganya mahal. Sebagai pengganti chloroform, saat ini banyak beredar berbagai merek lem acrylic (lem akrilik). Akan tetapi performa lem acrylic tersebut tidaklah memuaskan para praktisi pengguna acrylic, karena hasil penyambungannya tidak kuat.

Lem Akrilic  POLYACRYL diciptkan dengan formula baru yang dinamakan lem POLYACRYL. Lem/adhesive ini khusus untuk Acrylic , Polycarbonat (PC) sheet, dan Polystryrene glass sheet (bukan foam). Keunikan kimia Polyacryl yang bahkan dapat merekatkan 3 jenis plastic sheet satu sama lain dengan daya rekat yang sangat handal bertahun-tahun yang tidak dapat disaingi oleh chloroform.

Lem Polyacryl sudah terbukti menjamin kekuatan sambungan aplikasi advertising acrylic yang dibuat oleh workshop-workshop acrylic di seluruh kota besar di Indonesia, dan diperdagangkan dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan lem acrylic yang lain oleh toko-toko penjual acrylic. Lem POLYACRYL hadir untuk anda sebagai solusi untuk penyambungan plastik (pengeleman) acrylic, polycarbonat, dan polystyrene glass.

Proses pengeleman dua lembar akrilik bersama-sama, sebenarnya  lebih tepat bila disebut las dengan pelarut (solvent welding). Hal ini karena akrilik tidak bisa direkatkan dengan cara yang sama seperti bahan lainnya. Kebanyakan bahan direkatkan dengan menggunakan perekat (adhesives).  Tetapi acrylic direkatkan dengan bahan kimia atau campuran bahan kimia (lebih dari satu) yang dapat melarutkannya (solvent).  Dengan solvent yang sesuai  lembaran akrilik dapat melunak (softening) sehingga reformasi dua lembar menjadi satu bagian. “Pengelasandengan  solvent” akan menciptakan ikatan yang sangat kuat dan aman karena lembaran akrilikbukan direkatkan, tetapi dilas bersama-sama sebagai gantinya (kedua permukaan lembar acrylic akan melarut bersama dan membentuk satu ikatan baru, ketika bahan pelarut menguap). Namun, proses ini hanya dapat berhasil sempurna dengan lembaran yang pas satu dengan lainnya  dan memiliki tepi permukaan yang halus di kedua sisi yang hendak di joint. Hal ini karena pelarut acrylic bersifat sangat cair (viskositas sangat rendah dan cepat menguap). Untuk mendapatkan permukaan acrylic rata halus dapat dilakukan pengamplasan sebelumnya.

Untuk merekatkan dua potong akrilik bersama-sama, anda harus merapatkan sisi joint kedualembar akrilik secara tegak lurus 90 deg, dengan bantuan klem, atau meminta asisten menahan lembar acrylic bersama-sama sehingga pas satu dengan lainnya. Gunakan botol aplikasi dengan jarum diujungnya, atau dapat juga dengan bantuan kuas kecil.  Solvent akan mulai bergerak masuk secara kapiler dan segera melunakkan/melarutkan akrilik kemudian membentuk ikatan yang kuat dengan segera seketika sampai solvent menguap dengan sempurna. Berhati-hatilahuntuk tidak menumpahkan atau memercikan pelarut pada permukaan acrylic, karena hal ini akanmerusak lembaran akrilik. Jika anda dengan tidak sengaja menumpahkan pelarut, janganmenyeka itu. Biarkan menguap dengan sendirinya sampai mengering, setelah kering betul dapat dipoles dengan rubbing compound, saya merekomendasikan rubbing compound larut air seperti ini :

Sekali lagi penting diperhatikan permukaan yang hendak di joint harus rata, bila kurang  rata dapat diamplas halus grit 500, biasanya pemotongan dengan menggunakan mata gergaji akan menghasilkan permukaan yang kurang rata, untuk itu perlu diamplas lagi. Permukaan potongan akan lebih sempurna rata bila kita menggunakan alat potong pisau cutter khusus acrylic. Lem acrylic sangat cair dan mudah sekali menguap sehingga tidak memungkinkan menutup permukaan yang kurang rata. Potongan juga harus flat siku, dan perhatikan dalam mengamplas jangan justeru sampai membuat tepi acrylic menjadi concave (cembung), sebab bidang tempel menjadi sangat sempit.

Setelah diamplas, lap dengan kain untuk menghilangkan debu acrylic yang menempel, kain dapat dibasahi dengan alkohol untuk menghilangkan kelembaban uap air dari lingkungan sekitar sekaligus pretreatment sebelum pengeleman

Dempetkan tepi acrylic yang hendak dijoint setegak lurus mungkin, gunakan alat bantu bila perlu.

 Yang terbaik adalah dengan menggunakan botol applikator yang memiliki jarum pada ujungnya, bila sulit mendapatkan botol jarum aplikator ini, anda dapat menggunakan jarum suntik yang dapat dibeli di toko alat kesehatan, namun sayangnya penggunaan jarum suntik ini tidak bertahan lama, karena karet (warna hitam) pada jarum suntik tidak tahan terhadap lem ini sehingga akan melunak/ leleh. Bila hal ini terjadi anda masih dapat memanfaatkan jarumnya saja dan dapat memindahkannya pada wadah plastik lain yang memiliki ujung yang berbentuk kerucut (misal wadah plastik bekas lem epotec/ atau disebut orang lem korea).

Bila jarum suntik tidak didapatkan juga anda dapat menggunakan kuas kecil, lem acrylic yang begitu cair akan mengalir secara kapiler mengisi celah antara kedua tepi yang dijoint. Perhatikan pengeleman dengan daya rekat dan hasil terbaik akan didapatkan bila cairan lem mengisi bidang join secara penuh, atau dengan kata lain tidak ada buble udara yang terjebak. Bila masih ada buble udara yang terjebak, anda dapat menambahkan lagi cairan lem superglue acrylic sehingga cairan lem yang ditambahkan dapat mendorong dan mengisi celah udara yang terjebak, lakukan sebelum lem mengering.

Pegang beberapa saat +/- 1 menit, dan lepaskan bila lem sudah menguap sempurna.

Terkadang kita masih mendapatkan hasil pengeleman yang kurang memuaskan karena adanya buble yang terjebak pada daerah joining seperti foto berikut ini :

Untuk acrylic tebal seperti foto tersebut buble udara yang terjebak memang agak sulit dihindari, kemungkinan sebabnya kita tidak dapat menjamin daerah joining acrylic benar benar rata (dalam ukuran mikron) sekalipun telah diamplas halus. Untuk itu dapat dicoba dengan metode memasukkan pin jarum pada dua tepi acrylic yang hendak di rekatkan.

UNTUK ORDER BISA KE SINI

ATAU KE TOKOPEDIA

lem akrilyc step 1

lem akrilyc step 2

lem akrilyc step 3

lem akrilyc step 4

lem akrilyc step 5

lem akrilyc step 6

terumo-hypodermic-syringe-with-needle-21g-x-1-5ml-model-ss-05l2125-box-of-100

Sumber: Berbagai Sumber

Incoming search terms:

  • akrilyc
Bagaimana Memilih Mesin Laser Cutting Grafir
Mesin Cetak topi, dan peluang bisnis Nya Sangat Menarik
FacebookTwitterGoogle+Share