Membuat Viny Cutting Sticker Untuk Pemula

Pada tutorial ini Kita memakai Mesin Cutting Sticker Roland Camm 1 

Cara kerja Cutter vinil menggunakan pisau kecil untuk memotong image / gambar pada selembar vinil. Pisau ini bergerak dan memotong sesuai perintah dari computer.

Bagimanapun karya sendiri akan menghasilkan sesuatu yang berbeda dan lebih unik daripada menjiplak karya orang lain.Bagimana menciptakan desain cutting sendiri yang lebih unik dan berbeda? Yuuk kita mulai step-nya

 Langkah 1: Mencari gambar.

cara cutting sticker

Mencari gambar yang Anda ingin menjadikan stiker. Anda dapat membuat gambar dengan Corel Draw atau Gimp atau program grafis lainnya yang Anda kuasai.

Simpan gambar tersebut dengan extensi JPEG,SVG atau EXTENSI yang dapat bekerja baik-baik sesuai program yang ada. Buka dan copy-paste ke program pemotongan, yang dalam kasus ini, CutStudio.

Langkah 2: Menggunakan SOFTWARE ( perangkat lunak )

Buka Cut Studio, perangkat lunak yang dibundel dengan cutter.

Impor gambar Anda. Itu harus muncul sebagai gambar berwarna abu-abu.

Klik kanan pada gambar, kemudian pilih jejak gambar garis

Kotak dialog akan muncul, Anda dapat menyesuaikan keakuratan pemotongan dengan menyesuaikan nilai-nilai.

Anda akan melihat garis besar dari gambar Anda meletakkan di atas gambar.

Klik tombol bergerak di kanan atas untuk menempatkan garis di kanan bawah daerah desain.

Selanjutnya, menghapus gambar.

Klik kanan pada gambar dan pilih ’Properties’

Ada tiga tab. Untuk ukuran, Pilih ukuran yang sesuai sampel Anda sepotong vinil. Langkah-langkah pemotong dalam milimeter.

Jika Anda perlu untuk memutar gambar agar sesuai dengan ukuran stiker, Anda dapat melakukannya di bidang ’Rotasi’.

Jika Anda belum melakukannya, untuk menempatkan sebuah kotak, oval atau lingkaran di sekitar gambar Anda untuk membuatnya lebih mudah untuk memisahkan kemudian.

 Langkah 3: Loading vinil

loading vinyl

Contoh potongan Vinyl ke dalam mesin.

Di sisi kiri di bagian depan dan belakang adalah dua LED ’mata’. Ini adalah penghasil infared dan receiver yang merasakan kehadiran vinil. Anda harus posisi vinil sehingga hal ini akan mencakup sensor ini. Anda juga memiliki posisi rol tekanan atas viniluntuk memastikan itu akan mampu menangani materi. Pada panel di atas rol, ada beberapa jalur putih. Rol harus diposisikan di garis-garis putih ini atau wont mesin yang menjalankan. Pastikan vinil berjalan lurus, atau mungkin itu menyelinap keluar dari bawah rol. Flip tuas tekanan untuk membuat rol tekan ke bawah, memegang vinil antara rol dan bar tekanan.

 Langkah 4:

posisi display

Memeriksa layar. Itu shoulde mengatakan Sheer diturunkan intil Anda terlibat rollertekanan. Kemudian Anda akan perlu menggunakan panah bawah untuk memberitahu JIKA mesin Anda telah dimuat potongan atau gulungan. Jika Anda memilih bagian, kepala cutter akan bergerak menyamping, mengukur ruang antara rol, maka akan bergerak bagian keluar, kembali di, lalu ke posisi semula. Proses ini digunakan ’mata’ untuk mengukur ketinggian potongan. Anda kemudian harus mampu melihat pembacaan pada tampilan potongan pengukuran.

Langkah 5: Cutting

start cutting

Tekan tombol dipotong pada ikon bar.Kepala pemotong harus kemudian bergerak ke samping dan vinyl harus bergerak bolak-balik.

Ketika memotong desain, Anda dapat menggunakan tombol panah untuk memindahkan vinil dari mesin.

Ada alur di bagian depan mesin. Menggunakan pisau cukur dalam alur ini untuk memotong potongan. Jika ada cukup bahan kiri, Anda bisa meninggalkannya di mesinuntuk orang berikutnya.

Cara mudah membuat Pin
Cara Membuat T-Shirt Dengan Tehnik sederhana menggunakan mesin Vinyl sticker
FacebookTwitterGoogle+Share