Cara Membuat T-Shirt Dengan Tehnik sederhana menggunakan mesin Vinyl sticker

 

Dengan teknik ini, Anda dapat membuat T-Shirt Custom yang dicetak atau T-Shirt Sendiri.Dengan tehnik sederhana ini Anda akan bias membuat kaos/t-shirt dengan tehnik sticker vinyl dan screen printing.

 Langkah #1: Mempersiapkan gambar

siapkan desain

Pilih gambar yang memiliki warna kontras Anda bikin gambar tersebut menjadi warna hitam-putih.Usahakan detail gambar tersebut supaya mudah untuk diaplikasikan nantinya.

Langkah #2: Siapkan file yang sudah Kita dapat untuk dipotong dengan mesin vinil cutter

SILHOUETTE CAMEO 3

Banyak sekali mesin cutting sticker yang bisa kita gunakan,Untuk mesin yang murah Kita bias memakai mesin cutting plotter buatan china,semisal jinka atau teneht.Untuk software bias memakai Art Cut atau Corel Draw Pluggin yang sudah di bundle saat membeli mesin vinyl plotter.Kalau semua sudah siap Kita tinggal potong gambar sesuai desain yang sudah Kita persiapkan.

Langkah #3: Mengelupas Desain

mengelupas desain

 

desain jadi

Dengan alat  khusus seperti pisau atau cutter , kita mulai mengelupas bagian-bagian yang kita perlukan secara berhati-hati sampai membentuk gambar yang kita inginka.

Langkah #4: Tambahkan masking tape ke desain vinyl sticker

masking tape

 

desain cutting jadi

Fungsi dari masking atau Transfer tape adalah untuk menahan atau mengangkat hasil desain kita.Bentuk dan tekksturnya  tipis dan berupa perekat seperti selotip.

Upayakan kita dibantu seseorang untuk langkah ini. Satu orang bertugas melekatkansticker vinyl, secara perlahan-lahan dan merata.Sementara Orang lain tugasnya memasang vinyl sticker dengan kedua tangan, ini untuk menjaga agar vinil sticker tidak bergelembung atau keriput.

Anda dapat menggunakan squeegee memastikan bahwa transfer tape melekat secara merata dipermukaan screen.

Langkah #5: Melekatkan Vinyl Sticker Ke Screen Printing

melekatkan desain ke screen

aplikasi desain vinyl ke screen

Sekarang saatnya mengaplikasikan sticker vinyl ke screen printing.Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai ada kebocoran ya…

Langkah #6: Meyiapkan Kaos untuk disablon

menyiapkan kaos untuk disablon

Sekarang saatnya menyiapkan kaos yang akan kita sablon.Hilangkan semua label,tag yang melekat pada kaos atau cucilah kaos kalau ada kotoran yang melekat.Agar mendapat hasil sempurna dan merata,selipkan MDF/triplek ke kaos sebagai penopang.

Langkah #7: Mulai Menyablon

sablon kaos dengan vinyl sticker

trik sablon kaos dengan mesin cutting sticker

cara sablon kaos dengan vinyl sticker

Siapkan cat sablon dan mulai secara berhati-hati tuangkan cat sablon ke screen printing sampai benar2 menutupi screen printing.Mulai tarik cat kebawah dengan squeeze atau rakel sampai menutupi desain gambar yang sudah kita buat.Saputkan ke kaos yang sudah kita siapkan secara merata dan lakukan dengan benar.

Langkah #8: Keringkan

mengeringkan kaos sablon

Langkah terkahir:

Anda dapat mempercepat proses pengeringan dengan pengering rambut atau hair dryer.

Done

 

Membuat Viny Cutting Sticker Untuk Pemula
Cara menggunakan Press Mug Digital
FacebookTwitterGoogle+Share